Diet pada klien dengan batu ginjal pdf

Perforasi pada kandung kemih g. Uremia Adalah peningkatan ureum didalam darah akibat ketidak mampuan ginjal menyaring hasil metabolisme ureum, sehingga akan terjadi gejala mual muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kejang, koma, nafas dan keringat berbau urine.

Prosedur menghancurkan batu ginjal dengan gelombang kejut. Mengurangi intake garam dalam mengendalikan hipertensi harus hati-hati karena tidak semua gagal ginjal disertai retensi natrium.

Kolaborasi denga ahli diet untuk pemberian diit yang tepat bagi pasien. Lingkungan dan tempat tinggal Mengkaji lingkungan tempat tinggal klien, mengenai kebersihan lingkungan tempat tinggal, area lingkungan rumah, dll. Berikan latihan relaksasi sebelum tidur dan brikan periode stirahat.

Gangguan rasa nyaman, nyeri berhubungan dengan iritasi mukosa kandung kemih, refleks spasme otot: Litotripsi bergelombang kejut ekstra korporeal. Pemeriksaan ini dapat menilai adanya batu di ginjal atau buli-buli tampak sebagai echoic shadowhidronefrosis, pionefrosis atau pengkerutan ginjal.

Makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti kol, lobak, brokoli, sarden dan keju jika dikonsumsi berlebihan juga dapat mempermudah terbentuknya batu ginjal. Menurut Smeltzer Proteus spp. Warna tambahan: Asupan air; kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium dapat meningkatkan insiden batu saluran kemih.

Kelebihan volume cairan berhubungan dengan penurunan keluaran urine, diet berlebih dan retensi cairan dan natrium b.

MAKALAH BATU GINJAL

Skan Mengetahui kondisi pasien untuk saat ini dan masa yang lalu. Meningkatnya kadar kalsium di urin. Partikel-partikel yang berada dalam larutan kelewat jenuh akan mengendap di dalam nukleus itu sehingga akhirnya membentuk batu.

Bila hal ini terjadi maka akan timbul panas yang tinggi disertai mengigil, sakit pinggang, disuria, poliuria, dan nyeri ketok kosta vertebra.

Gagal Ginjal

Oleh karena fungsi ginjalnya yang tidak normal, maka proses pengeluaran urine pun mengalami ganggguan karena urinenya banyak mengandung zat kapur, sehingga mudah mengendapkan batu.

Pengendalian hipertensi Pemberian obat beta bloker, alpa metildopa, dan vasodilator dilakukan. Pielogram retrograd Menunjukan abnormalitas pelvis saluran ureter dan kandung kemih.

Diagnosa Keperawatan Post Operatif Vesikolitektomi 1. Endoskopi ginjal Menentukan pelvis ginjal, mengeluarkan batu yang kecil. Ureum dan kreatini:Kreatinin serum hasil normal laki-laki 0,85 sampai 15mg/dl perempuan 0,70 sampai 1,25 mg/dl tujuannya untuk memperlihatkan kemampuan ginjal untuk mengekskresi sisa yang bemitrogen.

Abnormal (tinggi pada serum/rendah pada urine) sekunder terhadap tingginya batu obstruktif pada ginjal menyebabkan iskemia/justgohostelbraga.com: Arisandi, Am,Kep. Batu ginjal dijumpai pada 1 dari orang, biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur tahun) ketimbang wanita.

Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal justgohostelbraga.com: Rini. Ginjal mempunyai kemampuan nyata untuk mengkompensasi kehilangan nefron yang persisten yang terjadi pada gagal ginjal kronik.

Jika angka filtrasi glomerolus menurun menjadi ml/menit/1,73 m2, kapasitas ini mulai gagal. § Bantu klien dalam memilih makanan yang disukainya dengan menyarankn diet yang rendah kalium, ASUHAN KEPERAWATAN. Pada pasien gagal ginjal kronik terjadi perubahan persepsi dan tata laksana hidup sehat karena kurangnya pengetahuan tentang dampak gagal ginjal kronik sehingga menimbulkan persepsi yang negatif terhadap dirinya dan kecenderungan untuk tidak mematuhi prosedur pengobatan dan perawatan yang lama, oleh karena itu perlu adanya penjelasan yang benar dan mudah dimengerti justgohostelbraga.com: Hasmiansyah.

4/11/ · type your description here.

Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Urolithiasis/Batu Ginjal

A. PENGERTIAN GAGAL GINJAL AKUT Adalah penurunan tiba-tiba faal ginjal pada individu dengan ginjal sehat sebelumnya, dengan atau tanpa oliguria dan berakibat azotemia progresif disertai kenaikan ureum dan kreatinin darah (Imam Parsoedi A dan Ag.

3/13/ · Gangguan itu disebut sindroma uremia dengan gejala mual dan justgohostelbraga.comt kondisi seperti tersebut di atas, maka perawat harus dapat mendeteksi secara dini tanda dan gejala klien dengan gagal ginjal kronik.

Sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan secara komprehensip pada klien dengan gagal ginjal kronik. B. Tujuan Penulisan.

Diet pada klien dengan batu ginjal pdf
Rated 4/5 based on 11 review